Planetarium Sediakan 8 Teleskop untuk Lihat Gerhana Matahari di Jakarta

Senin, 7 Maret 2016 | 18:21 WIB
Arbain Rambey/ KOMPAS Foto tes memotret matahari yang terbuka dengan data teknis filter ND 1000, ISO 100, diafragma 22. speed 2000, lensa ekuivalen 600 mm. Arsip Arbain Rambey, pernah dimuat Kompas, 9/2/2016.

JAKARTA, KOMPAS.com — Unit Pelaksana Teknis (UPT) Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyediakan delapan teleskop untuk memantau gerhana matahari total (GMT) yang terjadi pada Rabu (9/3/2016).

Teleskop itu bisa digunakan cuma-cuma oleh pengunjung Planetarium. (Baca juga: Ingin Saksikan Gerhana, Anak SD Ramai-ramai Bikin Teropong dari Kotak Susu)

"Kita sediakan delapan teleskop berbagai ukuran," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Planetarium dan Observatorium Eko Wahyu Wibowo, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (7/3/2016).

Menurut dia, teleskop ini akan diletakkan di sejumlah titik di luar Planetarium sehingga pengunjung dapat menggunakan langsung teleskop secara bergantian.

Teleskop ini, lanjut dia, bisa digunakan untuk pembesaran hingga 40 kali. Pengoperasian teleskop nanti akan dibantu Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ).

"Jadi, menggunakan teleskop lebih terlihat. Pengunjung juga tak harus menggunakan kacamata khusus lagi," sambung Eko.

Jika tak puas melihat gerhana matahari sebagian, Planetarium juga menyediakan live streaming atau siaran langsung dari semua daerah yang dilintasi gerhana matahari total (GMT). Streaming dibantu oleh pihak Universitas Bina Nusantara (Binus).

"Letaknya satu di lobi, satu di tempat antre karcis, satu lagi di ruangan multimedia," kata Eko.

Saat gerhana matahari pada Rabu (9/3/2016), Planetarium akan buka pada pukul 05.00 WIB.

Pengunjung juga akan mendapatkan kacamata khusus gerhana gratis. (Baca: Mau Kacamata Gerhana Gratis? Yuk Datang ke Sini!)

Waktu gerhana di Jakarta antara lain:

Pukul 06.19 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 07.21 | Gerhana matahari total
Pukul 08.31 | Gerhana selesai

Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor : Icha Rastika