Mau Kacamata Gerhana Gratis? Yuk Datang ke Sini!

Senin, 7 Maret 2016 | 13:15 WIB
KAHFI DIRGA CAHYA/KOMPAS.COM Kacamata khusus gerhana matahari dari UPT Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan DKI Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com — Unit Pelaksana Teknis (UPT) Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan memeriahkan fenomena gerhana matahari total (GMT) yang terjadi pada Rabu (9/3/2016).

Planetarium dan Observatorium akan membagi-bagikan kacamata khusus gerhana matahari kepada pengunjung. (Baca: Bisakah Lihat Gerhana di Jakarta? Bisa, Ini Waktunya)

"Kita sudah siapkan sekitar 4.700 kacamata khusus bagi para pengunjung Planetarium untuk melihata gerhana matahari parsial di Jakarta," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Planetarium dan Observatorium Eko Wahyu Wibowo, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (7/3/2016).

Kacamata gerhana ini akan dibagikan kepada para pengunjung Planetarium sesaat sebelum gerhana matahari, Rabu, pukul 05.00 WIB.

Nantinya, pengunjung akan disediakan tempat di sekitar Planetarium untuk menyaksikan gerhana matahari tersebut.

"Tempat kumpulnya itu ada di halaman parkir depan Planetarium. Nanti masyarakat bisa menyaksikan di sana," kata Eko.

Selain kacamata khusus, Planetarium membagikan 600 suvenir bagi para pengunjung.

Suvenirnya antara lain berupa kalender astronomi dan buku astronomi. (Baca: Catat, Ini Waktu Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di 8 Kota Indonesia)

Adapun gerhana matahari yang terlihat di Jakarta bukan gerhana matahari total, melainkan gerhana sebagian.

Ketertutupan matahari di Jakarta mencapai 88,74 persen. Artinya, warga Jakarta masih bisa menikmati fenomena langka tersebut.

Kompas TV Pesantren Gelar Sosialiasi Gerhana Matahari



Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor : Icha Rastika