Bisakah Lihat Gerhana di Jakarta? Bisa, Ini Waktunya

Senin, 7 Maret 2016 | 11:37 WIB
KOMPAS/PRIYOMBODO Untuk menyasikan gerhana matahari, dianjurkan untuk mengenakan kacamata pelindung khusus.

JAKARTA, KOMPAS.com — Apakah gerhana matahari total bisa dilihat di atas Jakarta? Tidak. Gerhana di Jakarta tidak total, tetapi sebagian. Ketertutupan matahari di Jakarta mencapai 88,74 persen.

Artinya, warga Jakarta masih bisa menikmati fenomena langka itu di atas langit. Gerhana akan terjadi di atas Jakarta pada pagi hari.

Waktu gerhana di Jakarta:

Pukul 06.19 | Bulan dan matahari mulai bersinggungan
Pukul 07.21 | Gerhana matahari total
Pukul 08.31 | Gerhana selesai

Gerhana matahari total akan terjadi di atas delapan provinsi di Indonesia. Selengkapnya mengenai tempat dan waktu, silakan lihat Catat, Ini Waktu Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di 8 Kota Indonesia.

Sejumlah peneliti dari berbagai negara pada hari-hari belakangan ini telah berkerumun di antara delapan kota itu untuk menyaksikan gerhana.

Di Sulawesi Tegah, sejumlah wisatawan penikmat gerhana bahkan seperti membangun kampung turis sendiri. Baca: Demi Gerhana Matahari, Turis Mancanegara sampai Membangun Kampung Sendiri di Sulteng.

Lantas, bagaimana caranya melihat proses gerhana matahari? Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengimbau masyarakat tidak melihat langsung ke arah sinar matahari dengan mata telanjang atau cukup melihat pantulannya saja.

Jika ingin melihat fenomena gerhana matahari total, gunakanlah kacamata yang dapat melindungi mata dari paparan sinar ultaviolet (UV).

"Jangan melihat langsung, pakai kacamata anti-ultraviolet. Itu yang paling aman," kata Nila. Selengkapnya mengenai penjelasan Menteri Kesehatan, baca: Pesan Menkes agar Aman Melihat Gerhana Matahari Total.


Kompas TV Begini Cara Melihat Gerhana Matahari

Editor : Heru Margianto