Khusus GMT, Internet Berkecepatan 1 Gbps Disiapkan di Halmahera Timur

Jumat, 4 Maret 2016 | 21:04 WIB
KOMPAS/KARTONO RYADI Keindahan Gerhana Matahari Total (GMT) yang banyak diburu orang. Foto ini diambil dari Pantai Penyak, 36 kilometer di selatan Pangkal Pinang, Bangka, Sumatera Selatan, saat terjadi GMT 18 Maret 1988. GMT akan kembali terjadi di wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016.

TERNATE, KOMPAS.com - PT Telkom Maluku Utara bersama Telkomsel menyiapkan internet berkecepatan 1 Gbps pada momentum Gerhana Matahari Total (GMT) di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara.

Pekerjaan jaringan kabel fiber optic ke Kecamatan Buli yang menjadi pusat pengamatan GMT di Halmahera Timur juga dipercepat dari target sebelumnya.

“Ada percepatan pekerjaan jaringan kabel fiber optic ke Kecamatan Buli, Halmahera Timur. Kecepatan internet pun kita siapkan 1 Gbps karena memang di sana informasinya para peneliti termasuk dari NASA akan melakukan pengamatan gerhana matahari di sana,” kata Asisten Manajer Operation dan Maintenance 1 PT Telkom Maluku Utara, Sudiharto Ngatmo, Jumat (4/3/2016).

Selain di Kabupaten Halmahera Timur, lanjut Sudiharto, PT Telkom bersama Telkomsel menambah beberapa titik hotspot wifi di beberapa titik pengamatan GMT di Kota Ternate.

“Di Ternate sendiri, kita siapkan beberapa titik hotspot wifi dengan kecepatan mulai 10 Mbps hingga 40 Mbps,” kata Sugiharto.

“Dalam wilayah Ternate juga kita menambah beberapa titik yang tadinya belum dijangkau dengan kabel fiber optic, mendekati GMT nanti, pengguna Telkomsel sudah bisa menikmati internet berkecepatan tinggi,” tambahnya.

Penulis : Kontributor Ternate, Fatimah Yamin
Editor : Farid Assifa