Musik DJ Warnai Nonton Bareng Gerhana Matahari di Yogyakarta

Jumat, 4 Maret 2016 | 17:07 WIB
KOMPAS/KARTONO RYADI Keindahan Gerhana Matahari Total (GMT) yang banyak diburu orang. Foto ini diambil dari Pantai Penyak, 36 kilometer di selatan Pangkal Pinang, Bangka, Sumatera Selatan, saat terjadi GMT 18 Maret 1988. GMT akan kembali terjadi di wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan daerah lain, nonton bareng gerhana matahari total (GMT) di Tugu Yogyakarta akan diramaikan dengan musik Dj.

Hadir untuk memanaskan suasana "nobar", salah satu Dj terkenal, Reza Renanda.

"Besok tanggal 9 Maret akan disiapkan 5 buah teropong dari taman pintar dan 1 teropong dari BMKG," ujar Dwi Sutono, kepala Taman Pintar Yogyakarta, Jumat (04/02/2016).

Dwi mengungkapkan, dalam nobar nantinya akan ada sisi edukasi untuk masyarakat. Intinya menjelaskan mengenai fenomena GMT dan cara menyaksikanya agar aman.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat yang menyaksikan GMT juga akan dihibur dengan panggung musik yang akan dimainkan DJ Reza Renanda.

"Di tengah-tengah nanti akan diselingi musik DJ. Yang memainkan DJ Reza Renanda dari Liquid Yogya," tegasnya.

Menurut Dwi, tujuan diberi hiburan musik DJ ini agar masyarakat tidak jenuh. Selain itu, untuk membangkitkan semangat dengan alunan dan hentakan musik DJ.

Seperti diberitakan sebelumnya, BMKG Yogyakarta, Pemkot Yogyakarta dan Taman Pintar bekerja sama menggelar acara nonton bareng gerhana matahari total. Acara nobar ini akan digelar di Tugu Yogyakarta.

Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor : Farid Assifa