Telkomsel Antisipasi Pelanggan yang "Eksis" saat Gerhana 9 Maret

Jumat, 4 Maret 2016 | 16:03 WIB
Telkomsel Ilustrasi

KOMPAS.com - Telkomsel melakukan serangkaian persiapan jelang peristiwa Gerhana Matahari Total pada Rabu (9/3/2016) mendatang.

Pasalnya, Telkomsel memprediksi akan terjadi peningkatan aktivitas pada layanan seluler seperti suara, SMS, dan khususnya pada layanan data selama peristiwa GMT.

“Dibandingkan dengan hari normal, lalu lintas layanan data diperkirakan akan mengalami lonjakan yang cukup tinggi bahkan hingga lebih dari 200 persen di beberapa lokasi," kata Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (4/3/2016).

"Ini disebabkan oleh perilaku masyarakat yang senang menggunggah momen-momen penting ke social media dalam bentuk foto atau video melalui ponselnya”, imbuhnya.

Penguatan jaringan pun dilakukan Telkomsel di beberapa lokasi saat terjadinya peristiwa penting ini, seperti di Palembang, Linggau, Bangka, Belitung, Balikpapan, Palangkaraya, Palu, Ternate, Tidore, dan Halmahera.

Telkomsel mengklaim telah melakukan berbagai persiapan seperti memaksimalkan kapasitas BTS dan menyiagakan sebanyak  10 unit Compact Mobile Base Station (COMBAT) di titik-titik keramaian tempat berkumpulnya massa untuk melihat Gerhana Matahari Total.

Pengamanan jaringan juga dilakukan di hotel-hotel tempat wisatawan menginap. Secara total sebanyak 229 BTS dioptimalisasi, yang tersebar di 37 PoI (Point of Interest) atau spot-spot utama yang akan dipadati oleh wisatawan.

Penulis : Reska K. Nistanto
Editor : Reza Wahyudi