Wapres Akan Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Ternate?

Selasa, 1 Maret 2016 | 21:14 WIB
Agatha Bunanta Gerhana matahari total pada 22 Juli 2009 dilihat dari Kota Chongqing, China. Kamera Canon EOS 1D Mk3, ISO 800, rana 1/100 detik, diafragma 6,3, aperture priority dengan kompensasi minus 3, lensa 400 milimeter, dengan krop. Arsip Agatha Bunanta, pernah dimuat Kompas, 4/8/2009.

TERNATE, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla direncanakan menyaksikan fenomena alam gerhana matahari total (GMT) di Ternate, Maluku Utara pada 9 Maret mendatang.

Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Maluku Utara Ansar Daaly, Selasa (1/3/2016) kepada Kompas.com mengakui bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi tersebut. Pemprov bahkan sudah membentuk tim persiapan penjemputan Wapres bersama rombongan.

“Makanya kita bentuk tim atau panitia penjemputan, hanya saja sampai saat ini pemprov belum mendapatkan pemberitahuan secara resmi soal kedatangan Wapres dari Istana Wakil Presiden,” kata Ansar.

Menurut dia, berdasarkan informasi awal bahwa yang datang ke Ternate adalah Istri wapres bersama istri sejumlah pejabat. Namun terakhir berkembang bahwa Wapres akan ikut menyaksikan fenomena langka tersebut.

“Intinya pemprov siap menyambut Wapres,” kata Ansar lagi.

Hal yang sama disampaikan Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Ternate Sutopo Abdullah.

“Memang ada rencana Wapres ke Ternate, tapi kami masih menunggu informasi resmi dari Istana Wakil Presiden,” kata Sutopo.

Penulis : Kontributor Ternate, Fatimah Yamin
Editor : Farid Assifa