Seandainya Anda Terlewat, Ini Berita "Travel" dalam Sepekan

Minggu, 21 Februari 2016 | 19:07 WIB
KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMO Pantai Gapang, Sabang, Aceh, Selasa (20/9/2011). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

KOMPAS.com - Sepekan ini, Indonesia menyiapkan diri menyambut Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang. Selain itu, jelang Cap Go Meh, beberapa daerah telah menyiapkan beragam acara budaya.

Pelantikan kepala daerah serentak pada juga menyorot rencana pengembangan pariwisata daerah tersebut. Tak ketinggalan, musim durian yang masih berlangsung di beberapa daerah di Indonesia menghadirkan festival durian yang selalu memikat wisatawan.

Berita-berita menarik lainnya dalam sepekan ini akan dirangkum sebagai berikut.

Mei ke Aceh, Ada Festival Sabang Fair

Pemerintah Kota Sabang kembali menggelar Festival Sabang Fair III 2016 dan selain diikuti seluruh kabupaten/ kota se-Aceh, juga mengundang sejumlah kabupaten-kabupaten lain di Pulau Sumatera dan peserta dari negara di Asia Tenggara (ASEAN).

Setelah Taksi London, "Food Truck" di Belanda Akan Promosikan "Wonderful Indonesia"

Tahun ini, Kementerian Pariwisata akan melakukan upaya branding logo Wonderful Indonesia pada badan food truck di Belanda dan Amerika Serikat. Ada lima food truck yang akan dipasangi logo tersebut.

Ribuan Orang Mengantre Demi Durian Gratis di Desa Medowo

Pengendara motor mengular sepanjang satu kilometer di Jalan Desa Medowo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Durian gratis jadi alasan ribuan pengunjung rela mengantre.

Awal Maret, Citilink Buka Tiga Rute Domestik

Maskapai Citilink Indonesia akan membuka tiga rute penerbangan domestik pada 3 Maret 2016 yakni Medan-Pekanbaru, Pekanbaru-Bandung pergi pulang, Pekanbaru-Medan dan Medan-Banda Aceh pergi pulang menggunakan satu pesawat yang sama jenis Airbus A320-200.

Jalankan Tradisi Kawalu, Wisatawan Dilarang Masuki Baduy Dalam

Wisatawan domestik maupun mancanegara dilarang memasuki kawasan Baduy Dalam di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pasalnya, tanggal 18 Februari 2016 melaksanakan tradisi Kawalu sehingga tertutup bagi masyarakat luar.

Ikuti Lomba Tulisan, Video, dan Foto Gerhana Matahari Berhadiah Rp 10 Juta

Kementerian Pariwisata mengadakan lomba terkait gerhana matahari total yang akan berlangsung pada 9 Maret 2016. Karya yang dilombakan dalam bentuk video, foto, dan tulisan. Lomba berlangsung mulai tanggal 1 Maret 2016.

Sensasi Menegangkan di "Pawai Tatung" Singkawang, Berani Lihat?

Acara Pawai Tatung di Festival Cap Go Meh akan digelar di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, pada 22 Februari mendatang. Tatung dalam bahasa Hakka berarti orang yang dirasuki roh, dewa, leluhur, atau kekuatan supranatural.

Kidnesia/Ricky Martin Tatung Singkawang
Miris, Persepsi Dunia Tentang Indonesia Masih Negatif


Pemberitaan tentang Indonesia di dunia internasional masih bersifat negatif. Hal tersebut berpengaruh dalam segi pemasaran pariwisata mancanegara di luar negeri.

Garuda Kembali Raih Penghargaan "Maskapai Bintang Lima"

Garuda Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai “Maskapai Bintang Lima” atau “5-Star Airline". Penghargaan kedua kali tersebut diberikan oleh Skytrax pada saat ajang pameran kedirgantaraan terbesar di Asia, Singapore Airshow 2016, Rabu (17/2/2016).

Jadi Bintang Iklan Sambil Pelesir Gratis ke Sapporo, Mau?

Kompas Gramedia melalui K-Vision bekerja sama dengan Departemen Pariwisata Kota Sapporo-Jepang mengadakan pencarian talent berbakat. Nantinya, talent tersebut akan menjadi bintang iklan TVC (television commercial) pariwisata Indonesia selama 30 detik dan akan diputar di seluruh Indonesia.

Masa Depan Bantul di Sektor

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan sektor pariwisata daerah ini semakin berkembang di bawah kepemimpinan bupati dan wakil bupati baru, Suharsono-Abdul Halim Muslih.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisman di Gili Meno, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (7/2/2013).
Gili Meno, Pantai Terbaik di Indonesia


Pantai Gili Meno di Nusa Tenggara Barat mendapatkan penghargaan sebagai pantai terbaik di Indonesia. Hal tersebut diumumkan situs perjalanan TripAdvisor yang mengeluarkan daftar para pemenang "2016, Traveler's Choice" untuk kategori pantai di Indonesia.

Pendaki Tuna Daksa Ini Akan Daki Gunung Aconcagua

Pendaki gunung tunadaksa berkaki satu dari Indonesia, Sabar Gorky akan mendaki Gunung Aconcagua, Argentina, bersama Tim Ekspedisi Indonesia Raya. Rencananya, tim akan bertolak menuju Argentina pada Kamis (18/2/2016) malam pukul  22.00 WIB.

Tarik Wisman, Festival Timba Laor di Ambon Dikemas Lebih Menarik

Festival budaya "timba laor" sejenis cacing laut (Licda Oele) yang setiap tahun digelar pemerintah dan masyarakat di Kota Ambon untuk tahun 2016 akan dikemas lebih baik guna menarik lebih banyak lagi kunjungan wisatawan. Tradisi timba laor oleh masyarakat pesisir di Kecamatan Nusaniwe ini biasanya dilakukan pada bulan Maret atau April.

Craig Ferguson/Light Rocket/Getty Images Panda di obyek wisata Chiang Kai-Shek Memorial Hall, Taiwan.
Maret Saatnya ke Bangkok, Bisa "Selfie" dengan Ribuan Panda


Jika pada tahun ini Anda berencana pergi ke Bangkok, Thailand, maka bulan Maret dan April merupakan waktu yang tepat. Pasalnya, Bangkok akan menjadi tempat penyelenggaraan pameran seni yang menghadirkan 1.600 replika panda di berbagai sudut kota.

Permainan Tradisional Meriahkan Tabalong Ethnic Festival 2016

Berbagai permainan tradisional seperti balogo, main tali, dan badako turut memeriahkan Tabalong Ethnic Festival 2016 yang dilaksanakan Yayasan Putera/Puteri Saraba Kawa di Taman Kota Tanjung, Kalimantan Selatan, 15-21 Februari.

Segera Pesan, Tiket Dieng Culture Festival Telah Dibuka...

Setelah kembali sukses pada gelaran sebelumnya, Dieng Culture Festival ke-7 kembali dibuka tahun ini. Bagi Anda yang ingin melihat serunya acara ini, cepatlah buru tiketnya sebelum kehabisan. Acara ini akan digelar pada Jumat-Minggu, 5-7 Agustus 2016

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F