Ramaikan GMT, Pemprov Malut Gelar Festival Gerhana

Jumat, 19 Februari 2016 | 22:31 WIB
KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kesultanan Tidore di Provinsi Maluku Utara.

DEPOK, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku Utara akan menyelenggarakan festival untuk meramaikan fenomena langka gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang. Berbagai acara budaya dan juga aneka kuliner akan dihadirkan untuk wisatawan.

"Namanya North Maluku Eclipse Festival. Nanti festivalnya tanggal 9 setelah gerhana dari jam 2 sampai 6 sore. Ada dua tempat di Ternate dan Tidore," kata Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku Utara, Kris saat dihubungi KompasTravel dari Depok beberapa hari yang lalu.

Ia menuturkan acara-acara pada festival tersebut terdiri dari pentas seni budaya, pentas seni musik tradisional, tari tradisional, pameran foto, kuliner, dan aneka cindera mata.

"Ada parade keraton, musik tradisional tufa dan piol, tarian tradisional salai, soya-soya, bambu gila dan pameran foto di Ternate," jelasnya.

Sementara di Tidore, Kris menyebutkan sejumlah acara yang akan diselenggarakan di Keraton Kesultanan Tidore. Acara-acara festival tersebut terdiri dari pentas musik tradisional, tarian tradisional, atraski budaya, pameran foto, kuliner, cendera mata, pentas lain.

BARRY KUSUMA Tari Bambu Gila dari Maluku.
"Kita kasih temanya 'Redefining The Land of Spices'. Karena Maluku Utara kan terkenal dengan rempah-rempah," tambahnya.

Di wilayah Indonesia timur, gerhana matahari total akan melintasi beberapa daerah. Data dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menyebutkan, daerah-daerah tersebut seperti Maba, Segea, Weda, Wasile, Lolobata, Jailolo, Soasiu, Pulau Makian, Malidi, Mafa, Kepulauan Kasiratua, dan Kao.

Gerhana Matahari Total 2016 akan melintasi 12 provinsi di Indonesia, seperti Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : I Made Asdhiana