Nonton Gerhana Matahari di Belitung Timur, Mau?

Jumat, 12 Februari 2016 | 20:06 WIB
KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN Suasana Replika SD Muhammadiyah Gantung, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (21/11/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika telah memiliki rencana menyaksikan Gerhana Matahari Total 2016 di Belitung Timur pada 9 Maret 2016, coba berkunjung ke Bukit Samak A1. Pasalnya, di tempat tersebut wisatawan bisa menyaksikan gerhana matahari total bersama Bupati Belitung Timur.

"Di Bukit Samak A1 nanti ada nonton bareng Bupati. Wisatawan bisa ikutan mengamati gerhana matahari di sana," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Helly Tjandra saat dihubungi KompasTravel dari Jakarta, Kamis (11/2/2016) sore.

Acara pengamatan gerhana matahari total bersama Bupati akan dilaksanakan di rumah dinas bupati. Helly mengatakan pemilihan titik tersebut juga berdasarkan nilai sejarah yang ada di rumah tersebut.

"Jadi di sana bentuknya rumah zaman Belanda. Ini kan peristiwa langka jadi pengamatan gerhana matahari total jadi pemandangan sejarahnya," jelasnya.

Gerhana matahari di Belitung Timur akan dimulai pada pukul 06.21 WIB, mencapai titik puncak gerhana pada pukul 07.23 WIB, dan berakhir pada 08.35 WIB.
 
Selain Bukit Samak A1, Pemerintah Belitung Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga memfokuskan pengamatan di empat titik lain yakni Pantai Oli Pier, Pantai Tambak, Pantai Serdang, dan Pulau Buku Limau.

Sejumlah wilayah lain yang juga mengalami GMT yakni Palembang (Sumatera Selatan), Bangka Belitung, Sampit dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Saat ini Belitung Timur dipimpin oleh Penjabat Bupati Hardi. Sebelumnya, Bupati Belitung Timur adalah Basuri Tjahaja Purnama. Pada Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2015 lalu, dimenangkan oleh Bupati Terpilih Yuslih Ihza. Pelantikan direncanakan pada 17 Februari 2016. 

Catatan: artikel ini telah diubah untuk merevisi kesalahan data. Sebelumnya, disebut Bupati Belitung Timur adalah Basuri Tjahaja Purnama.

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F