Yuk, Nikmati Orkestra Musik Tradisional Sebelum GMT di Belitung

Kamis, 11 Februari 2016 | 20:05 WIB
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Suasana Pantai Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (14/4/2011). Pulau Belitung terkenal dengan keindahan lokasi wisata pantai pasir putih berbatu granit artistik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur menyelenggarakan acara menyambut Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 bertajuk "Orkestra Musik Tradisional" pada tanggal 8 Maret 2016.

Acara tersebut akan diadakan di Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

"Kita tampilkan musik tradisional yang memang khas seperti gambangan, gambus inang-inang, rampak, gendang, campak. Nanti wisatawan bisa menikmati acara musik tersebut," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Helly Tjandra saat dihubungi KompasTravel dari Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Ia mengatakan pentas musik yang menampilkan beragam alat musik tradisional tersebut merupakan kali pertama digelar dalam bentuk orkestra. Rencananya pentas musik akan dimainkan oleh 40 orang. Biasanya, permainan dilakukan secara satuan untuk upacara-upacara tertentu di Belitung Timur.

"Ini baru kali dikolaborasikan karena melihat momentum Gerhana Matahari Total. Jadi dimainkan secara bersamaan. Biasanya dimainkan satuan pada acara upacara laut," jelasnya.

Untuk dapat menikmati acara orkes tersebut di pinggir pantai, wisatawan tak dikenakan biaya. Acara musik orkestra tersebut akan dimulai pukul 19.30 - 23.00 WIB.

Adapun acara-acara lain yang diselenggarakan  oleh Bangka Belitung meliputi seminar pariwisata, Belitung Photography Trip, Ultra Beach Run, Belitung Lantern Run, pameran foto, pameran dan pemutaran film, lomba batik kaligrafi dan menggambar, karnaval budaya, tari kolosal, dan sholat gerhana.

Gerhana Matahari Total di area Bangka Belitung akan melintasi jalur yakni Manggar, Tanjung Pandan, Koba dan Toboali. Gerhana matahari akan dimulai pada pukul 06.21 WIB, mengalami puncak gerhana matahari pada pukul 07.23 WIB, dan berakhir pada pukul 08.35 WIB.

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F