Tambora Getarkan Dunia
ARTIKEL
Edisi Peduli Sinabung

Wah, dalam Satu Hari, Willem Sigar Daki Gunung Raung Setelah Jajal Ijen

Kamis, 5 Mei 2016 | 16:41 WIB
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Pendaki gunung marathon solo Willem Sigar Tasiam memulai pendakian Gunung Raung, Jawa Timur, Kamis (5/5/2016).

SUMBER WRINGIN, KOMPAS.com — Hari ini, Kamis (5/5/2016) pukul 07.30 WIB, pendaki maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam, berhasil mencapai puncak Ijen di Banyuwangi. Siang harinya, dia siap menjajal Gunung Raung dari base camp Sumber Wringin.

Gunung Raung secara administratif terletak di tiga kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Seusai mencapai puncak Gunung Ijen pagi tadi, siang ini Willem akan mendaki Gunung Raung yang letaknya bersebelahan.

"Saya akan istirahat dulu di Pos 5, di Pondok Angin atau Pondok Mantri. Itu merupakan batas vegetasi," tutur Willem sebelum pendakian, Kamis pukul 14.39 WIB. 

Willem berangkat dari base camp Sumber Wringin. Sebelum memulai pendakian, ia mengisi perut terlebih dahulu dengan nasi, sayur asem, dan tempe goreng.

Rencananya, Willem akan tiba di Pos 5 sekitar pukul 21.00-22.00 WIB. Dia kemudian akan beristirahat sampai pukul 05.00 WIB keesokan harinya untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Estimasi Willem, dia akan kembali turun sekitar pukul 06.00 WIB dan tiba di Sumber Wringin sebelum pukul 12.00 WIB esok hari. 

"Gunung Raung treknya cukup curam, apalagi menjelang puncak, vegetasinya tertutup rapat. Itu bisa jadi kendala, tetapi saya sudah siapkan sarung tangan dan sebagainya," kata Willem.

Jika perjalanan lancar, rencananya besok siang rombongan "Jelajah Tanpa Batas-50 Gunung 40 Hari" akan melanjutkan perjalanan ke kaki Gunung Argopuro. Willem akan menjajal gunung yang disebut-sebut memiliki trek terpanjang se-Jawa itu dalam satu hari penuh.

Willam Sigar melakukan pendakian secara maraton mulai dari Nusa Tenggara Timur, yaitu Gunung Kelimutu dan Gunung Inerie, lalu dilanjutkan Gunung Tambora dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.
 
Ia kemudian melakukan perjalanan darat menyeberang Pulau Bali dan mendaki Gunung Agung, Gunung Batur, Gunung Catur, dan Gunung Batukaru. Perjalanan dilanjutkan menyeberang ke Pulau Jawa. Gunung pertama yang didaki di Pulau Jawa adalah Ijen, Banyuwangi.
 
Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Comments: